Cara Membersihkan Laptop Luar & Dalam (Kipas/Panas)

Friday, February 27, 2015

Cara Membersihkan Laptop Luar & Dalam (Kipas/Panas) Agar Kinerjanya Tetap Bagus dan Kenceng!

Cara Membersihkan Laptop Luar & Dalam
LAPTOP atau netbook kalo dalemannya kotor pasti panas. Kipasnya harus dibersihkan. Kalau dibiarkan kotor & panas, kinerjanya lelet, lemot, lambat.

Kebersihan laptop memang harus selalu diperhatikan. Jangan hanya make doang, harus merawatnya juga.

Banyak kerusakan yang terjadi akibat kondisi laptop kotor dan tidak terawat. Selain soal bagian dalam laptop yang harus dijaga agar tidak koto & panas, keyboard laptop juga harus jangan kotor.

Keybioard kotor mengakibatkan tombol huruf menjadi tidak nyaman digunakan. Kadang-kadang juga dapat mengakibatkan karakter huruf tidak timbul saat tombol ditekan.

Bagian layar atau panel LCD pun perlu di perhatikan kebersihannya. Rutin seminggu sekali membersihkan layar LCD, gunakan pembersih kaca misalnya cling, semprotkan cairan pembersih ke tissu lembut secukupnya (tissu menjadi lembab).

Cara Membersihkan Bagian Dalam Laptop (Kipas) Panas
Mengapa Notebook Perlu Dibersihkan Secara Berkala?
Debu yang menempel pada bagian dalam notebook (heatsink, fan, body, ventilasi) dapat mengganggu pembuangan panas dari notebook.

Tidak terbuangnya panas ini bisa menimbulkan efek tidak optimalnya kinerja notebook, misalnya gerakan gambar patah-patah saat menjalankan game 3D, notebook mati mendadak, dll.

Jika kondisi ini dibiarkan, maka bukan tidak mungkin komponen atau chipset pada notebook menjadi rusak, dan harus ganti part yang tidak murah harganya.

Manfaatkanlah jasa maintenance (perawatan) notebook dari penyedia layanan Service Notebook untuk membersihkan notebook dari debu dan kotoran yang mengganggu, sehingga notebook dapat bernapas dengan lega dan bekerja lebih optimal.

Penyebab Kotor Laptop
Kerusakan laptop diakibatkan oleh kotoran. Entah karena debu, remah-remah makanan, rambut, atau abu rokok yang menimbun dalam laptop. Nah, agar laptop Anda tetap siap membantu tugas-tugas Anda, agenda bersih-bersih pun wajib hukumnya.

Sebelum memulai kegiatan ini, ada baiknya Anda kembali membuka manual book laptop Anda. Dari situ Anda akan tahu rekomendasi dan prosedur apa yang dianjurkan pabrikan dalam membersihkan laptop. Biasanya 6 bulan atau minimal setahun sekali Anda diwajibkan untuk membersihkannya.

Lantas, apa saja alat-alat yang digunakan? Blower kompressor, Kain lap, itu pasti. Tapi tunggu dulu, karena Anda harus benar-benar memilih kain lap yang lembut, apalagi jika ingin membersihkan layarnya. Paling aman, ya kain lap khusus screen atau lap pembersih kacamata. Cairan pembersih juga penting. Tersedia pula cairan khusus yang banyak dijual di toko-toko komputer. Yang penting, jangan sembarangan memakai cairan pembersih. Alat penyemprot atau penyedot debu berkekuatan rendah juga dibutuhkan, selain cotton bud yang bisa dipakai untuk membersihkan sela-sela keyboard.

Jangan lupa, sebelum memulai pembersihan, matikan dulu laptop, cabut baterai dan kabel adaptor dari colokan listrik!

Mmberishkan Bagian Luar Laptop
Basahi kain lembut dengan cairan pembersih. Jangan langsung menyemprotkan pembersih langsung ke permukaan laptop! Bersihkan dengan kain lembab. Jika ada kotoran yang masih membandel, ulangi sekali lagi. Jika laptop Anda tak banyak menimbun kotoran, kain cukup sedikit dibasahi. Cara ini jauh lebih aman dan dipastikan mampu membuat laptop Anda kembali cling seperti baru.

Kipas
Di sinilah biasanya banyak kotoran menempel. Pada saat berputar, kipas akan menyedot kotoran-kotoran di sekitarnya. Nah, ketika kotoran sudah menumpuk, putaran kipas makin berat. Padahal fungsi kipas ini sangat vital karena harus membuat suhu “otak” laptop ini jadi tetap terjaga agar bisa bekerja dengan prima. Itu sebabnya, membersihkan kipas wajib dilakukan, paling tidak setahun sekali.

Untuk membersihkan kipas laptop, Anda memang harus sedikit “membengkel”. Namun, Anda bisa melakukannya sendiri. Modalnya cuma satu alat, obeng kecil. Tapi sebelum memulai, baca dulu manual book -nya untuk mengetahui di mana letak kipasnya. Umumnya, sih, ada di belakang laptop dengan ciri ventilasi udara yang berguna untuk membuang uap panas saat laptop bekerja.

Setelah penutup terbuka, Anda tinggal membersihkan kipas dengan cara menyemprotnya dengan tekanan udara rendah agar debu menyingkir. Jika tak memungkinkan, Anda bisa membersihkan dengan kain basah. Setelah kipas bersih, bersihkan pula kotoran di sekitarnya dengan kuas halus, lalu tutup kembali laptop Anda.

Keyboard
Ada jenis keyboard yang rata dan tertutup rapat sehingga kotoran tak bisa masuk. Tapi jika laptop Anda belum mengadopsi teknologi ini, Anda wajib membersihkannya. Keybord kotor bisa membuat salah satu tuts-nya macet. Anda tak mau, kan, jika tiba-tiba salah satu tuts tak berfungsi meski sudah Anda tekan sekuat tenaga.

Balik posisi laptop agar posisi keyboard di bawah. Semprot agar kotoran ke luar dari sarang. Lakukan penyemprotan di seluruh sudut keyboard. Jika Anda tak punya kompresor elektrik, Anda bisa koq memanfaatkan penyemprot manual yang biasa dipakai untuk membersihkan lensa kamera.

Untuk membersihkan sela-sela keyboard , lakukan dengan cotton bud secara hati-hati. Ganti cotton bud yang sudah kotor dengan yang baru.

Layar Monitor
Ini yang penting. Anda juga harus ekstra hati-hati melakukannya. Dan yang penting jangan sembarangan memakai lap pembersih. Pilih kain lap khusus screen atau lap pembersih kacamata. Lalu semprotkan pada lap tsb cairan pembersih khusus yang banyak dijual di toko-toko komputer. Usap dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah sampai bersih.

Port
Colokan port seperti USB, LPT1, dan lainnya juga harus dibersihkan. Sebab terdapat banyak lubang dan lekukan-lekukan sempit yang bisanya jadi sarang kotoran. Jika kotoran itu terakumulasi, akan mengganggu koneksi dengan perangkat yang Anda hubungkan. Gunakan kain, kuas lembut atau cotton bud untuk membersihkan port-port tersebut. (Sumber)
Biaya Service
Berapa biaya bersihkan daleman laptop? Kisaran 50-150 ribu.*



9:39 PM

1 comments: